Site Overlay

Webinar Bank Sampah Insan Oke : Darurat Sampah dan Solusinya

Bank Sampah Insan Oke Politeknik ATI Padang telah mengadakan webinar pada hari Jumat, 10 Juli 2020, dengan tema Darurat Sampah dan Solusinya. Webinar ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Bapak Ketua Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas, Bapak Rizki Aziz, P.hD, dan Ibu Mina Dewi Sukmawati, S.Pd selaku Ketua Asosiasi Bank Sampah Kota Padang, serta dipandu oleh Dwi Kemala Putri, M.T dosen Politeknik ATI Padang. Hal yang menjadi gagasan awal diadakannya webinar ini adalah masih banyak masyarakat yang abai akan peduli terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bagaimana pengolahan sampah yang baik dan tepat.

 

Adapun yang menjadi bahasan adalah bagaimana cara tepat dalam pengolahan sampah. Bapak Rizki Aziz mengatakan, “Hal yang paling mendasar adalah bagaimana mengubah paradigma masyarakat yang tadinya menganggap sampah suatu hal yang negatif menjadi sesuatu yang bernilai guna dan bermanfaat”. Selain memberi pengetahuan tentang sampah, Bapak Rizki  juga memberikan wawasan mengenai pengolahan sampah terutama sampah organic menjadi kompos atau bahkan melakukan daur ulang terhadap sampah tersebut.

 

Hal menarik juga dipaparkan oleh Ibu Mina Dewi Sukmawati S.Pd, yang menyatakan bahwa selain pengolahan sampah dilakukan secara ilmiah, sampah bisa diolah menjadi hal lain dengan membuat suatu wadah transaksi sampah yang dikenal dengan Bank Sampah. Ibu Dewi berharap, dengan adanaya Bank Sampah, bisa menjadi alternative untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Hal yang paling sederhana adalah, masyarakat bisa mengelompokkan sampah sesuai dengan jenisnya.

 

Dalam webinar series ke-4 Politeknik ATI Padang ini, dihadiri oleh 700 peserta webinar yang berasal dari berbagai asosiasi, instansi, mahasiswa, maupun dari berbagai kelompok kegiatan masayarakat di Indonesia. Sehingga peserta webinar sangat antusias dalam melakukan diskusi pada sesi Tanya jawab. Webinar tersebut selain dilakukan di platform zoom meeting juga bisa di ikuti melalui channel Youtube Politeknik ATI Padang. Setelah webinar ini dilaksanakan, tentu diharapkan pengetahuan masyarakat terutama peserta webinar sedikit bertambah terutama dalam pengolahan sampah yang tepat, baik dilakukan secara ilmiah ataupun melalui bank sampah.

Translate »