Home > Berita

Politeknik ATI Padang Menerima Mahasiswa Baru Program Setara D1 Distribusi dan Transportasi
 



Politeknik ATI Padang kembali membuka  Program Setara D1 Angkatan ke-4 Tahun Ajaran 2024. Pembukaan Program Setara D1 Angkatan Ke 4 Tahun 2004 ini, berlangsung secara daring, kata Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester Edwar, M.Pd, Senin (25/03/2024). Program tersebut bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO).

Hal ini terkait Politeknik ATI Padang sebagai perguruan tinggi vokasi dibawah (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) dengan spesifikasi kompetensi di bidang industri agro.

Lebih lanjut Ester mengatakan, Politeknik ATI Padang terus melakukan pengembangan menjadi Pendidikan Tinggi Vokasi yang mandiri tangguh dan berdaya saing dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang link and match dengan kebutuhan industri.                                  

Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan oleh Politeknik ATI Padang, bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) dalam upaya  mempercepat keterserapan Sumber Daya Manusia (SDM) pada industri yang kompeten dengan melaksanakan Program beasiswa pendidikan Setara Diploma Satu (D1). Dengan program ini, lulusan yang telah menempuh pendidikan selama dua semester dikampus dan di industri, mereka akan langsung terserap dan ditempatkan bekerja industri mitra. 

Adapun sasaran dari pelaksaan  program ini,  bagi mahasiswa, sebut Ester, yakni memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan kualifikasi pekerjaan yang diharapkan dan  mendapatkan keterampilan sosial dan pengembangan individu.

"Bagi perusahaan/Asosiasi, kerjasama ini menjamin ketersediaan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri dan perusahaan terlibat dalam pendidikan untuk membentuk calon tenaga kerja, mengurangi biaya rekrutmen calon tenaga kerjaā€¯, imbuhnya.

Sementara itu, keterlibatan perusahaan dalam pendidikan juga menunjukkan adanya tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) untuk berpartisipasi menghasilkan sumber daya manusia yang kompoten dan berdaya saing.

Bagi pemerintah, dapat menyediakan pendidikan yang sesuai kebutuhan pasar, mendorong penguatan dan peningkatan daya saing industri melalui penyediaan tenaga kerja yang kompeten, meningkatnya peran swasta dalam penguatan dan pengembangan pendidikan sehingga dapat meringankan beban pemerintah.

Sampai saat ini Politeknik ATI Padang telah menyelenggarakan Program setara D1 Distribusi dan Transportasi Angkatan ke-3 yang bekerja sama dengan  Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO), bahkan telah menghasilkan lulusan sejak Angkatan Pertama hingga Angkatan ketiga sebanyak 73 orang.

Alumni tersebut saat ini tuturnya,  telah bekerja pada industri-industri dibawah ASPERINDO Wilayah Sumatera.

Mengingat besar minat  masyarakat dan komitmen yang tinggi dari ASPERINDO terus melanjutkan kerja sama ini, maka pada tahun Ajaran  2024 ini Politeknik ATI Padang telah berhasil membuka kembali Program Setara D1 Distribusi dan Transportasi Angkatan Ke-4 dan bekerja sama dengan ASPERINDO Wilayah Sumatera dengan melibatkan 7 DPW di wilayah Sumatera, yakni meliputi Sumbar,  Sumsel,  Sumut, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Aceh.

 

Pendaftaran mahasiwa baru  angkatan ke-4 ini  telah dimulai sejak Bulan Januari  sampai Februari  2024 dan melalui ujian tertulis dan wawancara dari masing-masing DPW Asperindo wilayah Sumatera sehingga akhirnya diperoleh sebanyak 25 calon mahasiswa baru Program Setara D1 Distribusi dan Transportasi Angkatan Ke-4 yang lulus dan akan melaksanakan Pendidikan di Politeknik ATI Padang selama dua semester yang dimulai tanggal 26 maret  2024.

Menyinggung rincian mahasiswa baru berdasarkan wilayah, ujar Ester, yakni sebanyak 13 orang mahasiswa asal dari DPW Sumbar, 2 orang mahasiswa DPW Sumsel, 1 orang mahasiswa DPW Aceh, 2 orang mahasiswa DPW Riau, 2 orang mahasiswa DPW Jambi, 4 orang mahasiswa DPW Sumut dan 1 orang mahasiswa dari DPW Bengkulu dengan total mahasiswa Baru Angkatan ke-4 berjumlah 25 orang.

Pada kesempatan tersebut, Ester mengucapkan terima kasih kepada BPSDMI yang masih memberikan kesempatan kepada Politeknik ATI Padang untuk  menyelenggarakan program beasiswa setara D1  hingga angkatan ke-4 ini dan kepada Asperindo yang senantiasa memberikan dukungan baik moril, waktu dan tenaga untuk terus mensupport terselenggaranya program ini

Pada pembukaan program setara D1 secara daring, tampak hadir Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri BPSDMI Wulan Aprilianti Permatasari, S.Kom, M.Si, Ketua Umum Asperindo M. Feriadi, Ketua Bidang SDM & Pendidikan Yekti  P. Suradji, Ketua DPW Sumatera Barat Sugiono, Ketua DPW Sumatera Selatan Haris Jumadi, Ketua DPW Sumatera Utara Fikri Alhaq Fachriyana, Ketua DPW Jambi Suratman, Ketua DPW Aceh Baoak Totok Dewanto Ketua DPW Riau Wahyudi Ketua DPW Bengkulu Yulyanto Ependi, Pembantu Direktur Politeknik ATI Padang, Kasubag Akademik dan kerja sama Politeknik ATI Padang, Kasubag Umum Politeknik ATI Padang, Dosen dan pegawai Politeknik ATI Padang, kata Moderator Dr. Lisa Nesti. M.Si.