Site Overlay

Pembukaan PKKMB Politeknik ATI Padang Tahun 2020

Padang .- Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan suatu kegiatan dengan tujuna untuk mengenalkan mahasiswa dengan lingkungan kampus. “Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sebagai wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa. Didalam kegiatan tersebut diisi dengan materi penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela Negara”. Hal ni disampaikan oleh Direktur Politeknik ATI Padang di awal pembukaan acara.

Ester mengatakan kegiatan PKKMB ini diikuti oleh 529 orang mahasiswa baru yang terdiri dari 4 kelas Teknik Industri Agrio (TIA) sebanyak 144 orang, 4 kelas Analisis Kimia (AK) sebanyak 131 orang, 4 kelas Manajemen Industri Agro (MLIA) sebanyak 141 orang dan 2 kelas Teknik Kimia Bahan Nabati (TKBN) sebanyak 80 orang serta 1 kelas Program Studi baru D4 yaitu Teknologi Rekayasa Bioproses Terbarukan (TRBET) sebanyak 33 orang. Penerimaan mahasiswa baru ini melalui 3 Jalur Vokasi (Jarvis), yaitu Jarvis Prestasi, Jarvis Bersama dan Jarvis Mandiri dengan jumlah total pendaftar 4.908 orang sehingga pendaftar tahun ini rasionya menjadi 1:9, yang meningkat dari tahun lalu karena adanya Jarvis Bersama yang dikelola langsung oleh PPPKVI Kementrian Perindustrian.

Selain itu Ester juga mengatakan penerimaan mahasiswa baru ini ditambah dengan 2 kerjasama antara Politeknik ATI Padang yaitu pertama dengan PT TOBA PULP Lestari  yang menseleksi lansung calon mahasiswa dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi tersebut untuk kuliah di Politeknik ATI Padang, yang nantinya mereka akan menerima langsung magang dual system dan akan diterima bekerja diperusahaan mereka, dan  yang kedua yaitu dengan Pemerintah Kota Pariaman dengan program satu rumah satu sarjana.

Acara PKKMB ini dilaksanakan selama 14 hari yaitu dari tanggl 5 Oktober sampai dengan 22 Oktober 2020 dengan kegiatan Bela Negara yang bekerja sama dengan KODIM Kota Padang, Sosialisasi BNN dan Motivasi Belajar yang diisi oleh Psikolog dan beberapa alumni, Pengenalan Sistem Perguruan Tinggi dan Matrikulasi untuk menyamakan pengetahuan dasar mahasiswa.

Dalam acara pembukaan ini juga hadir 2 orang praktisi industri yang sudah berkerjasama dengan Politeknik ATI Padang yaitu dari PT. Sari Dumai  (PT. APICAL) dan PT. Ecoogreen sebagai narasumber yang menyampaikan materi tentang Kompetensi yang dibutuhkan oleh Industri terhadap Lulusann Politeknik ATI Padang.

Acara pembukaan PKKMB dibuka dan diresmikan secara virtual oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementrian Perindustrian RI Bapak Eko S.A Cahyanto, S.H,LL.MM yang didampingi oleh Ibu Yulia Astuti, ST, M.S.E selaku Sekretaris BPSDMI Kemenperin RI, Bapak Drs. Dadi Marhadi, MM Kepala PPPI Kemenperin RI, dan Ibu Ir. Iken Retnowulan, MT Kepala PPPKVI Kemenperin RI.

Eko antusias menyambut langsung dan mengucapkan selamat bergabung Mahasiswa Baru yang menjadi bagian dari keluraga yang akan menimba ilmu di Politeknik ATI Padang, yang menciptakan sumber daya unggul yang bisa bersaing secara global.

Translate »