Site Overlay

Hasil Reviu PIPK Politeknik ATI Padang: Pengendalian Intern Efektif

Padang – Sesuai PMK Nomor 17/PMK.09/2019, penilaian dan reviu atas hasil penilaian Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan (PIPK) dilaksanakan 1 (satu) tahun sekali yaitu pada tanggal 1 September s.d 15 Januari tahun berikutnya dan harus diterapkan oleh setiap Entitas Akuntansi dan Entitas Pelaporan. Menindaklanjuti peraturan tersebut dikeluakan Surat Tugas Nomor : 31/IJ.IND/ST/I/2020 Tanggal 10 Januari 2020 dalam rangka melakukan reviu PIPK TA 2020 pada BPSDMI dan Sekretaris Jendral di Lingkungan Kementerian Perindustrian, telah dilakukan Reviu Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan TA 2020 pada Politeknik ATI Padang.

Penilaian PIPK menggunakan metode Control Self Assessment (CSA) dalam menentukan efektifitas dari Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan. Terdapat tiga kriteria dari hasil penilaian PIPK yaitu pelaporan keuangan efektif, efektif dengan pengecualian, atau mengandung kelemahan material. Untuk penilaian tahun 2020 Proses Reviu PIPK dilaksanakan dengan diskusi, wawancara dan pembahasan hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai serta melakukan uji kelengkapan dokumen dan kecukupan prosedur penilaian secara daring. Adapun yang menjadi akun signifikan pada penilaian PIPK tahun 2020 adalah akun belanja persediaan dan akun covid.

Penilaian PIPK Tahun 2020 Politeknik ATI Padang oleh tim Penilai PIPK Politeknik ATI Padang dan dilanjutkan dengan pemeriksan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian. Hasil reviu menunjukkan bahwa tidak ada kelemahan signifikan dari hasil penilaian sehingga dapat disimpulkan bahwa pengendalian intern atas pelaporan keuangan di Politeknik ATI Padang telah dilakukan secara efektif, hasil dari catatan hasil. (SOV)

Translate »