Site Overlay

Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Politeknik ATI Padang

Pada Hari Kamis Tanggal 11 Oktober 2018 , dilaksanakan Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Politeknik ATI Padang yang dihadiri oleh Irjen Kementerian Perindustrian , Pembantu Direktur II , Pembantu Direktur III, Kasubag Umum dan Tim SPIP Politeknik ATI Padang. Dasar hukum penilaian maturitas SPIP Politeknik-ATI Padang  adalah Pasal 11 dan Pasal 59 Peraturan Pemerintah Nomor  60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dimana BPKP sebagai instansi pembina penyelenggaraan SPIP melakukan pembinaan penyelenggaraan SPIP dan Surat Tugas Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian Nomor 1142/IJ-IND/ST/9/2018 tanggal 27 September 2018.

Tujuan penilaian Maturitas ini adalah untuk menentukan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP pada Politeknik ATI Padang  dan Memberikan saran peningkatan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP pada Politeknik ATI Padang.

Simpulan hasil penilaian terhadap penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Politeknik-ATI Padang Tahun 2018 menunjukkan bahwa tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP berada pada level “terdefinisi” atau level 3 dari 5 level maturitas SPIP. Pengukuran terhadap 25 fokus penilaian maturitas menghasilkan, nilai maturitas SPIP sebesar “3,513”.

Karakteristik Penyelenggaraan SPIP secara umum menunjukkan bahwa Politeknik-ATI Padang  telah menetapkan kebijakan dan prosedur pengendalian untuk semua kegiatan pokok unit organisasi dalam K/L/Pemda sesuai PP Nomor 60 Tahun 2008, telah mengomunikasikan kebijakan dan prosedur atas semua kegiatan pokok unit organisasi dalam K/L/Pemda, dan telah melaksanakan kebijakan dan prosedur atas semua kegiatan pokok unit organisasi dalam K/L/Pemda dan mendokumentasikannya secara konsisten.