Home > Berita

Siap Mengimplementasikan Industri 4.0 Politeknik ATI Padang Mengadakan Workshop Basic Industry 4.0
 

Revolusi Industri 4.0 menjadi penanda pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kecanggihan teknologi diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja SDM. Pelatihan SDM 4.0 merupakan wujud komitmen Politeknik ATI Padang untuk memastikan bahwa seluruh stakeholdernya siap menghadapi dan mampu beradaptasi dengan transformasi Industri 4.0. Hal ini disampaikan oleh Direktur Politeknik ATI Padang Ester Edwar saat pembukaan Workshop Dasar-dasar Industri 4.0 yang dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan.

Fasilitator yang dihadirkan pada Workshop ini adalah Tenaga Pendidik yang telah mengikuti Workshop yang dilaksanakan oleh Temasek dan Singapore Polytechnic, Ibu Irna Ekawati, Ibu Maryam, Bapak Zulhamidi, Bapak Oktrison, Ibu Wahyu Fitrianda Mufti dan Ibu Puji Rahayu. Workhsop yang dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 1 s/d 4 Maret 2021, membahas tentang Dasar Hukum dan Kebijakan Industri 4.0, Indeks Kesiapan Penerapan (INDI 4.0), 9 pilar Industry 4.0 (Internet of Thing, Artificial Intelegence, Big Data, Simulasi, Robot Otonom, Sistem Integrasi Vertikal dan Horizontal, Additive Manufacturing, Cyber Security dan Cloud Computing).

Sebelum dan setelah memberikan materi, fasilitator membagikan link untuk Pretest dan Posttest. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan yang telah dimiliki oleh peserta tentang Industri 4.0 itu sendiri, ujar Ibu Irna Ekawati selaku Pembantu Direktur II. Diharapkan dengan diberikannya dasar-dasar Industry 4.0, seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan dapat mengimplementasikannya dengan baik.