Home > Halaman

Career Development Center - CDC
 



Sebagai Institusi pendidikan tinggi vokasi, Politeknik ATI Padang diharapkan berperan banyak, baik sebagai sumber ilmu pengetahuan terapan maupun penghasil tenaga kerja terdidik yang memiliki kompetensi dibidang industri. Proses pembelajaran dan pelatihan yang dilaksanakan dengan menyerap dan mengadaptasi nilai dan budaya industri  seharusnya mampu membekali kompetensi lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja, sekaligus kompetensi untuk dapat membuka peluang dan lapangan kerja.

 

Dalam rangka menunjang pelaksanaan program keterkaitan dan kesepadanan Pendidikan dan pelatihan dengan dunia kerja yang semakin kompetitif, maka sebagai institusi vokasi, Politeknik ATI Padang  bertanggung jawab tidak hanya menghasilkan lulusan dengan kompetensi tertentu serta indeks prestasi tinggi, tetapi juga wajib memfasilitasi dan menjembatani lulusan memasuki dunia kerja. Sehubungan dangan hal tersebut, maka pada tahun 2021 ini dibentuk  Pusat Pengembangan Karir (Career Development Center/CDC) Politeknik ATI Padang, dengan tujuan menjadi mediator antara dunia Usaha dan industri dengan mahasiswa dan alumni sebagai pencari kerja. Selain itu, CDC Politeknik ATI Padang menjadi wadah pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai pelatihan soft skill dan hard skill atau workshop/training dan kegiatan pengembangan diri sehingga  lulusan Politeknik ATI Padang  memiliki kompetensi sesuai kebutuhan  dunia kerja.

 

Dengan terbentuknya CDC Politeknik ATI Padang diharapkan dapat memperkecil gap yang terjadi antara kualifikasi yang dipersyaratkan oleh dunia industri khususnya industri agro dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan. Disamping itu juga dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan serapan alumni di dunia industri dengan masa tunggu yang semakin pendek.

.
Visi
Menjadi pusat pengembangan karir yang professional, adaptif, dan berkarakter dalam pelayanan pengembangan karir menghadapi dunia industri agro.

 

Misi

1. Meningkatkan kompetensi calon alumni dan alumni melalui pelatihan teknis, soft skill;

2. Mengelola informasi ketenagakerjaan untuk memenuhi  kebutuhan mahasiswa dan alumni;

3. Menyelenggarakan konsultasi dan bimbingan  pengembangan diri bagi mahasiswa dan alumni untuk memasuki   dunia kerja;

4. Mengembangkan layanan informasi dan rekrutmen secara berkesinambungan;

5. Membina calon-calon sarjana vokasi secara terencana, terstruktur, terukur untuk memiliki pengetahuan, kompetensi dan pengembangan diri memasuki dunia kerja;

6. Membangun jejaring kerja sama strategis dengan dunia industri dunia kerja;

7. Menyelenggarakan Tracer Study alumni Politeknik ATI Padang.

 

Tujuan

1. Meningkatkan keterserapan lulusan Politeknik ATI Padang dalam dunia kerja dengan masa tunggu yang relatif pendek serta kemampuan mengembangkan bidang usaha secara mandiri.

2. Menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni dalam menghadapi dunia kerja

3. Menyediakan program-program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sumberdaya mahasiswa dan alumni

4. Mengembangkan kerjasama dan jejaring kemitraan dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah maupun swasta

5. Melaksanakan job fair dan campus recruitment bagi institusi pasangan yang membutuhkan.

6. Melaksanakan Tracer study

 

Program Kegiatan


1. Pelayanan informasi ketenagakerjaan

2. Pelayanan pelatihan dan pengembangan karir

3. Pelayanan rekruitmen

4. Pelayanan bimbingan dan konsultasi karir

5. Pelayanan pengembangan dan kerjasama

6. Pelayanan Job Fair

7. Pelayanan tracer study

8. Layanan Informasi kompetensi lulusan setiap program studi

 

 

Published
Selasa, 16 Februari 2021
Author
Politeknik ATI Padang
Tag
Informasi Terkait