Home > Berita

Bimbingan Teknis dan Pendampingan Pengisian Kertas Kerja SPIP Politeknik ATI Padang
 



Pada tanggal 16 September 2021 Politeknik ATI Padang menjadi tuan rumah bimbingan teknis dan pendampingan pengisian kertas kerja SPIP berdasarkan Peraturan BPKP No.5 Tahun 2021 Tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Kegiatan bimbingan teknis dan pendampingan SPIP ini diadakan di Smart Studio Gedung UKM Center Politeknik ATI Padang. Pelaksanaan bimbingan teknis dan pendampingan pengisian kertas kerja SPIP ini dihadiri oleh sekitar 30 orang perwakilan dari seluruh satuan kerja di bawah BPSDMI yang ada di kota Padang.


Kegiatan bimbingan teknis dan pendampingan SPIP ini dibuka oleh Direktur Politeknik ATI Padang, Dr. Ester Edwar, M.Pd. Dalam sambutannya Direktur Politeknik ATI Padang menyampaikan dengan adanya bimtek ini tim penilai tiap satuan kerja diharapkan lebih memahami dan memudahkan pengisian kertas kerja SPIP yang baru. Narasumber pada bimbingan teknis dan pendampingan SPIP adalah auditor dari Inspektorat Jendral yaitu Bpk. Oktavianto Jimat Wibowo dan Bpk. Afrizal Haris.

Tujuan dari bimbingan teknis dan pendampingan SPIP ini adalah memberikan pemahaman terkait pengisian kertas kerja bagi tim penilai SPIP dari setiap satuan kerja berdasarkan Peraturan BPKP No.5 Tahun 2021 di mana terjadi beberapa perubahan pada kertas kerja SPIP tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dalam penyampaian materinya narasumber mengungkapkan bahwa pembaharuan penilaian dalam kertas kerja SPIP ini, diantaranya pembaharuan dalam parameter penilaian terintegrasi serta  4 nilai dalam maturitas penyelenggaraan SPIP yang terdiri dari manajamen risiko indeks, Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK), level kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan nilai unsur-unsur SPIP. (APPP)