Home > Berita

Berita Sosialisasi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester-RPS Politeknik ATI Padang
 



Persiapan untuk memasuki Semester Ganjil 2021/2022 Politeknik ATI Padang melakukan kegiatan Sosialisasi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dilaksanakan secara daring dengan media Zoom Meeting pada 26 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan Pekerti - AA yang diikuti oleh sebagian dosen tetap Politeknik ATI Padang.

Penyusunan RPS bertujuan untuk mempersiapkan dosen dalam proses mengajar di kelas, mempersiapkan bagaimana capaian program studi pada matakuliah yang diajarkan, capaian mata kuliah tersebut, media apa yang digunakan sewaktu berdiri di depan kelas, Bahan kajian yang akan dibahas dan bagaimana bentuk pembelajaran yang akan digunakan dan bagaimanakah sistem penilaian yang akan dilakukan.  


Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Politeknik ATI Padang, yang terdiri dari dosen tetap dan dosen luar biasa. Acara dibuka langsung oleh Direktur Politeknik ATI Padang, Ibu Dr. Ester Edawar dan Pembantu Direktur I Politeknik ATI Padang, Ibu Dr. Harmiwati. Sedangkan pemaparan materi diberikan oleh Ketua Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Politeknik ATI Padang Bapak Dedy Rahmad, M.Sc.

Pada pemaparannya, Bapak Dedy Rahmad menyampaikan untuk menyusun RPS harus mengetahui dan mengacu pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) milik prodi masing-masing. CPL tersebut akan didukung oleh semua RPS yang terdapat di dalamnya. Sehingga, CPL akan menjadi bagian penting bagi program studi, sehingga orang mengetahui itu melalui RPS Mata Kuliah masing-masing. Mata Kuliah juga memilki Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang akan diturunkan ke dalam jumlah pertemuan tatap muka.

Pemaparan materi dilanjutkan dengan simulasi pengisian contoh RPS yang sudah sesuai format yang terbaru. Dan format terbaru ini juga diberikan kepada semua dosen Politeknik ATI Padang sebagai format baku yang digunakan nantinya dalam membuat RPS. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta sosialisasi dan langsung ditutup oleh Direktur Politeknik ATI Padang.