Home > Berita

Audit Mutu Internal Politeknik ATI Padang
 


Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi merupakan sistem wajib penjaminan yang harus dijalankan sebuah Perguruan Tinggi, sebagaimana diatur dalam Undang Undang No 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi. Setiap perguruan tinggi harus menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi. Politeknik ATI Padang sebagai salah satu Perguruan Tinggi juga telah menjalankan SPMI sejak tahun 2018.  

Sebagai bentuk perwujudan komitmen Politeknik ATI Padang dalam Menjalankan SPMI dan dalam upaya mengevaluasi secara terus menerus standar penjaminan mutu yang telah ditetapkan, Politeknik ATI Padang mengadakan secara rutin kegiatan Audit Mutu Internal (AMI). Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) akan mengevaluasi lima Prodi di lingkungan Politeknik ATI Padang

Audit Mutu Internal merupakan tahapan penting di dalam penerapan SPMI. AMI merupakan tool yang digunakan organisasi dalam melihat keefektivan Sistem Penjaminan Mutu yang telah diterapkan. Selain itu, AMI diharapkan dapat membantu Program Studi mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil terbaik pada saat Akreditasi.

Adapun target dan luaran dari kegiatan ini adalah Program Studi siap dalam menghadapi kegiatan akreditasi/ re-akreditasi nantinya, baik dari kesiapan dokumen ataupun bukti pendukung lainnya. Kegiatan ini dilakukan untuk semua program studi yang ada di lingkungan Politeknik ATI Padang, yaitu Teknik Industri Agro, Teknik Kimia Bahan Nabati, Analisis Kimia, Manajemen Logistik Industri Agro, dan Teknik Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan. Waktu pelaksanaan AMI tanggal 4 - 11 Juni 2021. Dimulai dari Sosialisasi Penyamaan Persepsi Audit Mutu Internal, Pengumpulan dokumen, Desk Evaluation oleh Auditor, Audit Lapangan dan Penutupan Audit.


Kegiatan AMI ini dilakukan oleh Tim Auditor yang telah ditunjuk oleh Direktur Politeknik ATI Padang. Dimana sebagai Lead Auditornya adalah Bapak Candrianto, ST, M.Pd dan beranggotakan Bapak Dedy Rahmad, M.Sc, Bapak Rizaldi Sardani, M.Hum, Bapak Addin Akbar, S.Si, MT, Ibu Maryam, S.Tp, MP dan Ibu Dr. Lisa Nesti.

Dari hasil kegiatan yang dilakukan sebenarnya sistem dokumentasi yang dilakukan di masing - masing prodi sudah cukup baik, sehingga mendukung pelaksanaan Sistem Penajminan Mutu Internal. Masing - masing program studi juga telah melaksanakan Sistem Penajminan Mutu Internal secara konsisten dan berkelanjutan sehingga untuk program studi siap dalam menghadapi kegiatan akreditasi nantinya.


Dalam hal ini, kelengkapan dari dokumen dan berjalannya SPMI merupakan kekuatan yang dimiliki oleh prodi dalam menghadapi akreditasi. Apabila dokumen lengkap dan SPMI berjalan dengan lancar maka kesempatan untuk memperoleh akreditasi yang baik akan tercapai. Sebaliknya, apabila dokumen pendukung di prodi dan SPMI tidak berjalan dengan baik, maka akan menjadi kelemahan dan ancaman tersendiri bagi prodi dalam menghadapi kegiatan akreditasi.