Site Overlay

Perketat Pengawasan Internal, Skor Maturitas SPIP Politeknik ATI Padang Meningkat

Politeknik ATI Padang berhasil meraih Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2020 dengan predikat “Terdefinisi” atau pada Level 3 dengan skor sebesar 3,26. Penilaian tersebut berdasarkan hasil penilaian Maturitas SPIP yang dilakukan Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian pada tanggal 29 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Penerapan SPIP terdiri atas lima unsur yakni lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan pengendalian intern, yang diharapkan dapat berjalan secara integral dalam setiap kegiatan Instansi Pemerintah. Politeknik ATI Padang sebagai salah satu instansi pemerintah tentunya juga memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan SPIP sesuai dengan amanat PP Nomor 60 Tahun 2008. Upaya penerapan SPIP di lingkungan Politeknik ATI Padang sebagai pelaksanaan peraturan yang telah ditetapkan pada hakikatnya merupakan proses pembelajaran yang terus menerus.

Dalam penyelenggaraan SPIP, Politeknik ATI Padang memiliki Satuan Tugas (Satgas) SPIP yang berkoordinasi dengan Satuan Pengendalian Internal (SPI) Politeknik ATI Padang. Satgas tersebut bertugas untuk menggoordinasikan pelaksanaan seluruh tahapan penyelenggaraan SPIP dan memfasilitasi seluruh kebutuhan atas pedoman dan materi yang diperlukan untuk melaksanakan SPIP. Dengan kata lain, satgas bertugas untuk mengawal seluruh tahapan penyelenggaraan SPIP di Politeknik ATI Padang. Penilaian Maturitas Level SPIP difokuskan pada 25 sub unsur SPIP, masing-masing Sub. Unsur mempunyai 5 indikator, sehingga terdapat 125 buah parameter Maturitas Level SPIP yang disusun tergradasi dari terendah (belum ada) hingga tertinggi (optimum). (ES)

Translate »