Site Overlay

Kunjungan SMK Negeri 1 Koto Besar Kabupaten Dharmasraya ke Politeknik ATI Padang

Politeknik ATI Padang menerima kunjungan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Besar Kabupaten Dharmasraya pada Hari Senen Tanggal 4 Februari 2019 di lantai 3 Gedung Direktorat. Siswa/i yang berjumlah 50 orang ini didampingi oleh kepala sekolah dan beberapa guru pendamping yang berasal  dari  tiga jurusan berbeda yaitu Jurusan Kimia Industri, Jurusan Analisis Pengujian Laboratorium dan Jurusan Asisten Keperawatan. Mereka datang dengan tujuan untuk mengetahui lebih detail mengenai Kampus Politeknik ATI Padang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembantu Direktur III Drs. Hazil Anwar, Ketua Jurusan Teknik Kimia Bahan Nabati  Dr. Harmiwati Nahar, ST, MT, dan Ketua tim PPID  Candrianto, ST, M.Pd. Kegiatan ini diawali dengan pemutaran video Profil Politeknik ATI Padang yang menjelaskan 4 Program Studi yang terdapat di kampus di bawah kementerian perindustrian ini  yaitu Analisis Kimia, Teknik Kimia Bahan Nabati, Teknik Industri Agro dan Manajemen Logistik Industri Agro. Dalam acara ini mereka juga mendeskripsikan  fasilitas kampus, alat – alat industri yang mendukung perkuliahan, hasil produk industri dari Teaching Factory dan menjelaskan beberapa keunggulanya dari kampus Perguruan Tinggi Negeri lainnya, berupa uang kuliah yang relatif murah , telah menjalin kerja sama (MoU) dengan banyak industri terkenal di Indonesia dan adanya program terbaru yaitu program khusus dual system ini, dimana nantinya mahasiswa tidak hanya belajar tatap muka dan praktek di kampus, tapi juga di industri  agar terjadi keseimbangan antara keterampilan manual dan intelektual (± 50% praktek / labaratorium dan 50% teori dasar / pendukung).

Setelah itu Dr. Harmiwati Nahar, ST, MT menggambarkan secara detail tentang Jurusan Teknik Kimia Bahan Nabati kepada seluruh tamu. “ Jurusan Teknik Kimia Bahan Nabati merupakan salah satu jurusan yang telah menjalin kerja sama dengan beberapa industri salah satunya adalah PT Ecogreen yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa tahun akhir dan menyediakan lapangan kerja setiap tahun kepada alumninya” jelasnya.

“Adik –adik semua  yang berasal dari sekolah vokasi juga bisa melanjutkan kuliah di Politeknik ATI Padang , karena pada saat sekarang industri Indonesia sangat membutuhkan lulusan dari pendidikan vokasi , apalagi pada tahun ini, kampus kami akan membuka Program D-IV Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan yang pendaftarannya dimulai dari Bulan Februari – Mei 2019” tambah beliau.

Pada kesempatan ini siswa/i juga bertanya mengenai beberapa hal, diantaranya jenis beasiswa yang bisa diperoleh selama kuliah, prestasi yang diterima oleh kampus dan peranan dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Setelah dijelaskan secara rinci, siswa/i beserta guru pendamping tersebut diajak keliling kampus untuk bisa melihat secara langsung fasilitas yang terdapat di Politeknik ATI Padang seperti ruangan perkuliahan, laboratorium, mesjid, perpustakaan, kantin, pusat kegiatan kemahasiswaan, lapangan upacara, tempat parkir ,gedung Auditorium, laboratorium dan Teaching Factory.

Di Teaching Factory, siswa/ i diberi penjelasan mengenai produk yang dihasilkan oleh mahasiswa seperti sabun batang, nata de coco, minyak kelapa, sabun cuci piring, anyaman sabut kelapa dan lain – lainnya. Pada kesempatan ini siswa/i tersebut diperbolehkan untuk memotong dan mencetak sabun batang.

                                   

Diakhir kegiatan kedua pihak saling bertukar cenderamata sebagai kenang – kenangan.