Site Overlay

Workshop Integrasi Sistem Penjaminan Mutu ISO 9001:2015 dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) serta Audit Mutu Internal

Politeknik ATI Padang menyelenggarakan Workshop Integrasi Sistem Penjaminan Mutu ISO 9001:2015 dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) serta Audit Mutu Internal  pada Hari Senen 14 Januari 2019 sampai  Tanggal 17 Januari 2019 di Whiz Prime Hotel Padang. Acara ini dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Direktur ATI Padang, Bapak M. Arifin, MM dan dihadiri oleh Pembantu Direktur I, DR. Ester Edwar, M.Pd, Pembantu Direktur II Isra Mouludi, S.Kom, M.Kom dan Pembantu Direktur III Drs. Hazil Anwar, M.Si beserta seluruh peserta workshop yang terdiri dari Para Kaprodi, Sekprodi, Auditor, Tim SPI dan SPM Politeknik ATI Padang yang berjumlah 19 orang. Rangkaian acara terdiri dari pemberian materi pemahaman tentang kesadaran mutu dan peran penting SPMI-PT (Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi), teknis pengintegrasian SPMI dan ISO 9001:2015, simulasi/latihan penyusunan buku I-IV SPMI (kebijakan, manual, standar, dan formulir) yang terintegrasi ISO (Pedoman Mutu), dan diakhiri roleplay pelaksanaan audit mutu internal dimana peserta dibagi menjadi auditi dan auditor.

Pada kegiatan workshop yang berlangsung selama empat hari ini, Bapak Bagus Suminar, SE, S.Psi. MM selaku narasumber  menjelaskan tentang peraturan, kebijakan dan perundang-undangan terkait dengan pengimplentasian SPMI di Pendidikan Tinggi, diantaranya standar pendidikan tinggi yaitu Permenristekdikti No. 44 tahun 2015. Substansi utama dari SPMI adalah penerapan PDCA dari TQM, yang kemudian oleh Kemenristekdikti lebih dikenal dengan PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan).

Dari kegiatan workshop ini diharapkan nantinya dapat diintegrasikan antara dokumen ISO 9001:2015 dengan SPMI, sehingga audit cukup hanya satu kali dan telah mewakili semua klausul yang ada di pedoman mutu ISO maupun standar yang telah ditetapkan pada dokumen SPMI. Lebih dari itu diharapkan dapat diintegrasikan sistem dan juga Lembaga penjaminan mutu berbasis ISO dan SPMI.